Dalam sebuah hunian keluarga, setiap ruangan  perlu ditata sedemikian rupa agar terlihat serasi dan nyaman. Salah satu ruang yang harus diprioritaskan adalah kamar tidur. Ruang tidur adalah tempat  untuk melepas lelah dan stres setelah beraktivitas seharian sehingga perlu desain yang sesuai. Selain ranjang, kasur, almari, meja rias yang merupakan furniture wajib diperlukan juga hiasan-hiasan lainnya untuk membuat ruangan lebih sempurna. Perlu menambahkan beberapa ornamen, lukisan, ataupun foto. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyempurnakan suasana yaitu dengan menambahkan tanaman hias dalam kamar tidur. Sudah tepatkah tanaman hias yang Anda pilih untuk menghidupkan suasana kamar?

 

Dekorasi Tanaman Hias dalam Kamar Favorit Anda

buatlemari.com – Meskipun hanya komponen pendukung dalam sebuah ruangan, tanaman juga punya andil yang penting untuk menciptakan suasana alami. Tanaman hias dalam kamar tidur dapat menjadi sumber kesegaran sehingga dapat membuat Anda lebih nyaman untuk istirahat. Bunga-bunga cantik yang terhias di kamar akan menghidupkan suasana ruangan yang cenderung lembab. Lalu, seperti apa tumbuhan hias yang bisa memaniskan kamar tidur? Tips-tipsnya dapat Anda baca di dalam poin-poin berikut.

 

  1. Kamar tidur nuansa tropis

Apabila Anda menyukai suasana tropis dalam kamar, maka salah satu jenis tanaman yang cocok yaitu yucca palm. Tumbuhan hias yang satu ini mempunyai daun yang panjang menyerupai pedang. Dapat tumbuh sampai ketinggian kurang lebih 5 meter. Jika kapasitas ruang tidak mendukung, Anda dapat membuat tanaman yucca palm tetap pendek dengan pemotongan rutin. Dalam hal perawatan tidaklah sulit, hanya perlu diberi pupuk dan disiram biasa. Pastikan tanaman hias dalam kamar ini mendapatkan sinar matahari yang cukup agar dapat berumur panjang.

 

  1. Kamar tidur anggrek ngengat

Bunga anggrek merupakan bunga cantik yang banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias dalam kamar tidur. Warna bunga-bunga anggrek yang khas akan menambah keindahan ruang tidur Anda. Salah satu jenis anggrek yang tepat yaitu anggrek ngengat karena memiliki karakteristik kuat ketika diletakkan di tempat minim cahaya. Letakkan bunga anggrek sedekat mungkin dengan jendela agar mendapat pencahayaan maksimal.

 

  1. Tumbuhan hias berdaun hijau

Memilih tumbuhan daun hijau untuk menciptakan suasana ruangan tidur yang nyaman dan asri. Selain yucca palm, Anda dapat menjatuhkan pilihan pada si cantik lili perdamaian atau spathyphllum. Lili ini berdaun hijau cerah yang menyukai tempat lembab serta gelap, karena itulah sangat pas jika dipajang di ruang istirahat. Tapi, dibandingkan dengan tanaman hias dalam kamar tidur pada dua poin sebelumnya. Tumbuhan spathyphllum lebih rentan mati jika asupan air dan pupuk tidak diberikan secara rutin.

 

  1. Tanaman gardenia

Design interior jakarta – Satu lagi tumbuhan yang bisa bertahan hidup di tempat minim cahaya yaitu gardenia. Bunga berwarna putihnya akan menambah keindahan ruang tidur Anda. Untuk perawatannya terbilang cukup mudah, hindarkan dari tempat yang terlalu panas karena gardenia tumbuh berkembang di tempat lembab. Jika cuaca sedang panas, Anda bisa mengambil sedikit air untuk membasahi daun hijaunya.

 

Keempat jenis tanaman hias dalam kamar tidur di atas dapat menjadi pilihan Anda ketika sedang mencari ide untuk mendekorasi kamar tidur. Pastikan tumbuhan-tumbuhan hias penghuni ruang istirahat cukup pupuk dan air sehingga tidak cepat layu. Agar tidak terkesan mainstream, Anda bisa menempatkannya di tempat yang berbeda misalkan jaring yang menggantung. Lebih baik memilih tanaman yang perawatannya mudah sehingga tidak akan banyak menyita waktu Anda.